#
Logo Pengadilan Agama Muara Bulian Kelas 1B

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Muara Bulian Kelas 1B

Jl. Gajah Mada No. 10 Muara Bulian, Batang Hari - Jambi 36613

Telp. (0743) 21073 Fax. (0743) 23283 Email : pabulian@yahoo.co.id

Logo Artikel

PASUTRI INI KEMBALI RUKUN SETELAH DI MEDIASI HAKIM INI

Pasutri Ini Kembali Rukun Setelah di Mediasi Hakim Ini

 

Muara Bulian – Wajah sumringah terpancar pada diri Ilin Wilianda dan Roni Adrian saat keluar dari ruangan mediasi Pengadilan Agama Muara Bulian. Keduanya adalah pasangan suami isteri (Pasutri) yang telah melaksanakan mediasi. Awalnya, Ilin Wilianda mengajukan gugatan cerai ke PA Muara Bulian. Pada sidang pertama yang dilaksanakan pada hari Rabu (30/08/2018) ini, keduanya diwajibkan Majelis Hakim untuk menempuh mediasi dengan mediator Hakim PA Muara Bulian yang bernama Darda Aristo, S.H.I. Setelah diberikan nasihat oleh Hakim Mediator, pada akhirnya kedua belah pihak luluh dan sepakat untuk hidup rukun kembali sebagai suami isteri.

 

Memediasi perkara perceraian memang gampang-gampang susah, karena ini berkaitan erat dengan masalah hati, ya kalua hatinya sudah tidak mau lagi berumah tangga, kadang kala kita susah untuk menyatukan lagi, tapi ya itu tergantung kitanya (mediator) juga. Biasanya kami usahakan untuk menyentuh hal-hal yang bisamenyatukan keduanya, misalnya persoalan anak, biasanya suami isteri yang sayang sama anaknya, tidak tega berpisah karena kasihan dengan anak-anaknya, ini juga terjadi pada pasutri tadi, akhirnya si isteri ingin memberikan kesempatan kedua kepada suaminya” Terang Darda Aristo yang juga Hakim Jebolan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

 

Perkara perceraian merupakan perkara yang paling banyak ditangani Pengadilan Agama tak terkecuali di PA Muara Bulian. Persoalan rumah tangga sering kali membuat pasutri mengambil jalan pintas dengan keputusan bercerai. Maka kantor Pengadilan Agama biasanya tempat yang dituju untuk menyelsaikan persoalan. Sejatinya, tidak setiap perkara perceraian dikabulkan Hakim. Apabila dalam gugatan yang diajukan, Hakim menilai, tidak cukup kuat alasan untuk bercerai, maka Majelis Hakim biasanya akan menolak gugatan Penggugat tersebut dan artinya mereka masih berstatus suami isteri, begitupula sebaliknya apabila gugatan perceraian tersebut beralasan, tidak sedikit pula yang dikabulkan Majelis Hakim.

 

Sebetulnya, untuk melakukan perceraian itu cukup sulit, disamping harus mengikuti prosesi persidangan dengan segala prosedurnya, pasutri yang akan bercerai pun pasti terlebih dahulu akan dinasihati oleh Majelis Hakim dan tentu saja harus melalui prosedur Mediasi. Mediasi ini gunanya supaya menekan perkara, sehingga diharapkan pihak-pihak yang bersengketa bisa berdamai dahulu sebelum melanjutkan pokok perkaranya. Seperti pasangan suami isteri di atas, ternyata tidak semua yang daftar untuk cerai di Pengadilan Agama dikabulkan ya, banyak juga yang justru berakhir damai. (TRS)

Informasi dan data pada WebSite ini dipublikasikan oleh Pengadilan Agama Muara Bulian dengan tujuan penyediaan Informasi Publik. Dan untuk dapat menggunakan layanan ini Anda WAJIB menyetujui Disclaimer ini. Ada kemungkinan bahwa informasi yang tersedia dalam database ini mungkin berisi referensi atau informasi yang belum terupdate sehingga tidak ada jaminan bahwa data dan informasi yang tersedia dalam kondisi akurat, lengkap, terkini atau pun sesuai untuk tujuan spesifik lainnya. Pengadilan Agama Muara Bulian yang menyediakan data, tidak bertanggung jawab atas kerugian baik langsung ataupun tidak langsung, pengeluaran dan biaya yang diakibatkan oleh pihak lain yang menggunakan informasi dan data yang tersedia pada WebSite ini.

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas