logoPA

Written by Yudhistira Adi Pinto on . Hits: 41

Yudhistira Berikan Materi Kepemimpinan
kepada Mahasiswa IAI Nusantara

1

Muara Bulian - Sekretaris Pengadilan Agama Muara Bulian Yudhistira Adi Pinto, SE., MH memberikan materi kepemimpinan kepada mahasiswa yang sedang melaksanakan program Pelatihan Kerja Lapangan (PKL) di kantor Pengadilan Agama Muara Bulian, Senin (11/10), di ruang rapat pimpinan Pengadilan Agama Muara Bulian. Dalam kesempatan tersebut, Yudhistira membawakan materi kepemimpinan dengan tema “Prinsip Dasar Kepemimpinan” untuk para mahasiswa Institut Agama Islam Nusantara.

Sebelum memulai isi materi yang akan disampaikan, Yudhistira menjelaskan bahwa paparan materi yang akan disampaikan tidak hanya sekedar menyampaikan isi dari materi tersebut, namun juga berdiskusi dengan para mahasiswa.

Yudhistira menyampaikan, bahwa kepemimpinan merupakan sebuah proses dimana seorang pemimpin dapat mengajak seluruh orang yang ia pimpin melaksanakan tugas organisasi. Selain itu, Yudhistira dalam paparannya mengenai makna dari kepemimpinan mengungkapkan, bahwa kepemimpinan juga dapat diartikan sebagai sebuah inti dinamis yang memotivasi dan mengkordinasikan organisasi guna mencapai tujuan.

“Kemampuan memimpin menjadi salah satu modal utama yang harus dimiliki oleh mahasiswa sebagai penggerak masa depan Indonesia” ujar Yudhistira.

Yudhistira memaparkan, seorang pemimpin haruslah mengetahui apa yang harus dilakukan sehingga dapat menciptakan kebersamaan di dalam sebuah organisasi. Kepemimpinan hendaknya juga tidak bersikap bersifat absolut.

2

Dalam menghadapi perubahan-perubahan situasi yang tidak menentu dalam kepemimpinan, seorang pemimpin haruslah memahami dan mampu mengidentifikasi situasi saat itu sehingga seorang dapat mengambil keputusan gaya kepemimpinan seperti apa yang harus dilakukan.

“keluarlah dari zona nyaman anda, agar dapat menghasilkan sebuah karya. Karena salah satu ciri seorang pemimpin adalah memulai bukan meniru, mengembangkan bukan mempertahankan.” ujar Yudhistira.

Sebelum menutup sesi materi kepemimpinan, Yudhistira menyimpulkan bahwa berfikir strategis dapat diartikan bahwa kita harus dapat memperkirakan apa yang akan terjadi di masa depan karena pemimpin harus dapat membaca situasi yang akan terjadi terutama pada faktor ekternal sehingga dapat menjaga komunikasi yang efektif.

Add comment


Security code
Refresh

Aplikasi Pendukung

pengaduan     simari     komdanas     sipp     direktori
sikep     abs     lpse     jdih     perpus

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Muara Bulian Kelas 1B

Jl. Gajah Mada No. 10 

Telp: 0743-21073
Fax: 0743-23283

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan Agama Muara Bulian@2018