logoPA

Written by trizki on . Hits: 29

 

Tingkatkan Pelayanan, Pengadilan Agama Muara Bulian Menandatangani Mou Bersama Dinas Kesehatan Batanghari

Muara Bulian – Rabu (22/06/22), bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Muara Bulian Kelas 1B, diadakan rapat sekaligus penandatanganan Perjanjian Kerjasama bersama Dinas Kesehatan Batanghari tentang “Penerbitan Rekomendasi Kesehatan Anak Terhadap Pendaftaran Perkara Dispensasi Nikah”, Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Muara Bulian Hj. Baihna, S.Ag., M.H dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Batanghari Dr. Elfi Yennie, MARS, Kabid Yankes Dinas Kesehatan dr. Ibnu R. Muda, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan dr. Y. Retno Utami, M.K.M, seluruh Hakim, pejabat Fungsional maupun Struktural, dan seluruh pegawai yang berada di Lingkungan Pengadilan Agama Muara Bulian.

MoU DINKES 2

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Muara Bulian Hj. Baihna, S.Ag., M.H, dalam sambutannya KPA Muara Bulian Menegaskan bahwa Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari surat edaran Dirjen Badilag Nomor 2449/DjA/HM.00/4/2022 tanggal 22 April 2022 mengenai Koordinasi dan Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Kesehatan, serta Perma No. 5 Tahun 2019 tentang Pedoman Mengadili permohonan Dispensasi Nikah.

“Dalam rangka menjalankan pelayanan dengan prima terkait dengan dispensasi nikah, terjalinnya Kerjasama ini agar nantinya para pihak yang akan mengajukan dispensasi nikah dapat dicek terlebih dahulu terkait kesehatannya dikarenakan dalam kasus dispensasi nikah ini pihak yang berperkara masih dibawah umur, maka dari itu pentingnya dilakukan pengecekan baik Kesehatan fisik secara umum dan Kesehatan reproduksi, sehingga nantinya dapat menjadi acuan Hakim dalam memberikan putusan” ucap ibu Hj. Baihna, S.Ag., M.H, dalam sambutannya.

MoU DINKES 3

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan Batanghari Dr. Elfi Yennie, MARS, dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Batanghari menyampaikan dan menyambut baik terjalinnya kerjasama ini dikarenakan pentingnya pengecekan Kesehatan terhadap anak dibawah umur yang akan melangsungkan pernikahan terkait dengan masih banyaknya anak yang secara fisik maupun psikologis masih belum siap menikah.

“dalam kesehatan reproduksi, anak usia dibawah 20 tahun pada umumnya masih belum siap untuk melangsungkan pernikahan, ketidaksiapan inilah yang kedepannya akan dapat memicu timbulnya penyakit” ucap ibu Dr. Elfi Yennie, MARS selaku Kepala Dinas Kesehatan Batanghari, beliau juga menyatakan bahwa stunting terjadi 70% saat kehamilan berlangsung karena ketidaksiapan baik secara reproduksi maupun sosial budaya, stunting inilah yang nantinya akan menyebabkan terlambatnya pertumbuhan yang biasanya ditandai dengan badan yang kerdil, serta terhambatnya perkembangan otak, pengecekan ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program strategi nasional dalam pencegahan stunting.

MoU DINKES 1

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama. Dengan berlangsungnya kegiatan ini, Pengadilan Agama Muara Bulian dan Dinas Kesehatan Batanghari berharap dapat mengembangkan lagi kerjasama ini dengan lebih lanjut, serta dapat mendukung terciptanya Sumber Daya Manusia yang sehat. (TS | Jurdilaga PA Muara Bulian)

Add comment


Security code
Refresh

Aplikasi Pendukung

pengaduan     simari     komdanas     sipp     direktori
sikep     abs     lpse     jdih     perpus

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Muara Bulian Kelas 1B

Jl. Gajah Mada No. 10 

Telp: 0743-21073
Fax: 0743-23283

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.